Home / GeoEnsiklopedia / Terang Boelan : Lagu Legendaris yang...

Terang Boelan : Lagu Legendaris yang Diperebutkan oleh Beberapa Bangsa

Lagu jaman Hindia-Belanda berjudul “Terang Boelan” sempat menjadi perbincangan heboh dengan adanya kasus penjiplakan lagu tersebut. Lagu ini diadaptasi dari lagu “La Rosalie” ciptaan Pierre-Jean Béranger di daerah bekas jajahan Prancis, yakni Pulau Mahé, Seychelles. Popularitas lagu tersebut kemudian semakin menyebar hingga ke Kepulauan Nusantara. Raja Mansur dari Negara Bagian Perak, Malaysia pernah berkunjung ke Seychelles

Share To :

Lagu jaman Hindia-Belanda berjudul “Terang Boelan” sempat menjadi perbincangan heboh dengan adanya kasus penjiplakan lagu tersebut.

Lagu ini diadaptasi dari lagu “La Rosalie” ciptaan Pierre-Jean Béranger di daerah bekas jajahan Prancis, yakni Pulau Mahé, Seychelles. Popularitas lagu tersebut kemudian semakin menyebar hingga ke Kepulauan Nusantara. Raja Mansur dari Negara Bagian Perak, Malaysia pernah berkunjung ke Seychelles dan membuat lagu “Allah Lanjutkan Usia Sultan” dengan mengadaptasi nada lagu La Rosalie tersebut.

Nada yang sama kemudian diperkenalkan oleh Opera “Indonesian Bangsawan” saat pementasan di Singapura tahun 1920 kemudian menjadi lebih populer dengan judul “Terang Boelan” dengan lirik Bahasa Indonesia. Zangeres Zonder Naam, musisi dari Belanda juga membuat lagu berjudul “Terang Boelan” dengan lirik berbahasa Belanda pada dekade yang sama. Tahun 1928, lagu La Rosalie digubah oleh penyanyi dari Tiongkok dengan menggunakan Bahasa Kanton.

Pada tahun 1947, grup musik dari Inggris, Felix Bartholdy Mendelssohn and his Hawaiian Serenaders mengadaptasi lagu Terang Boelan dengan bernuansa Hawaii dengan judul “Mamula Moon”.

Dan pada tahun 1957, Negara Malaysia mengadaptasi lagu tersebut menjadi lagu kebangsaan Malaysia dengan judul “Negaraku” yang menjadi kontroversi hingga saat ini.

Jadi, total ada 6 negara yang mengklaim lagu ini, yakni Prancis, Malaysia, Indonesia, Belanda, Inggris, dan Republik Rakyat Tiongkok

——————————————

Foto diambil dari akun instagram @sam_forever0

——————————————

Disadur oleh Tim GeoEnsiklopedia dari

 :

1. http://wikipedia.org

________________

Cintai Mahakarya Nusantara

#geonusantara

#geoensiklopedia

#GEO0174UBER

Share To :

Leave a Reply

Or

Phone: (+62) 857-0600-4814
Fax: -

Choose Your Style

Menu style:
Body style:
Theme colors:
Main:
Menu:
User:
Background color:
Background pattern:
Background image: